Mengapa Alexa Rank saya turun terus???

Mengapa Alexa Rank saya turun terus???

Pertanyaan ini diajukan teman saya, isinya hampir sama dia bertanya apa yang harus dilakukan mengapa kok semakin hari Alexa rank websitenya semakin turun. Untuk menjawab pertanyaannya postingan ini dibuat.

Jika dikatakan kalau Alexa rank turun, itu berarti nilai angka alexa rank anda semakin besar. Karena Alexa rank berbeda dengan Page Rank, semakin kecil angka alexa rank akan semakin bagus. Itu berarti jumlah pengunjung anda semakin banyak. Sebelumnya saya akan jelaskan dahulu bagaimana cara alexa menilai suatu website.

Perhitungan Alexa dalam menentukan nilai Alexa rank.

Alexa menilai suatu website dengan mempertimbangkan jumlah pengunjung website tersebut. Tapi tidak hanya itu alexa juga mempertimbangkan rata-rata banyaknya halaman yang dibuka pengunjung. Jadi sebagai webmaster agar alexa rank anda tidak turun terus, selain anda fokus bagaimana mendatangkan pengunjung, anda juga harus fokus bagaimana caranya agar pengunjung tersebut tidak segera keluar dari website anda melainkan membuka halaman lain website anda. Membaca Grafik Alexa toolbar lihat disini deh “Perhitungan traffic rank yang dilakukan Alexa“.

Kelemahan dari alexa rank ialah alexa rank ini masih dapat dimanipulasi, karena cara kerjanya tidak dengan menempatkan script pelacak di suatu website, seperti kebanyakan statistik lain, tapi dengan menempatkan Alexa toolbar pada browser pengunjung. Dengan demikian banyaknya pengunjung suatu website dihitung berdasarkan banyaknya browser dengan alexa toolbar yang mengunjungi website tersebut. Akibatnya tidak semua pengunjung terdeteksi hanya pengunjung yang menggunakan alexa toolbar pada browsernya.

Kembali pada pertanyaan, Mengapa Alexa Rank saya turun terus?

Ada 3 Kemungkinan:

  1. Jumlah pengunjung semakin sedikit
  2. Pageview/halaman yang dilihat pengunjung dalam 1 kali kunjungan semakin sedikit
  3. Pengunjung website anda tidak menginstall alexa toolbar pada browsernya

Mau memperbaiki alexa rank anda, perbaikilah 2 opsi pertama, sedangkan opsi ketiga tidak bisa dianulir. Mungkin anda bisa menggunakan alexa toolbar di browser anda, membuka website anda, buka beberapa halaman, tutup, kemudian ulangi lagi. Tapi cara ini tidak saya sarankan karena sangat konyol.


Tagged SEO, Web Statistik. Bookmark the permalink.

22 Responses to Mengapa Alexa Rank saya turun terus???

  1. Leo says:

    Sepertinya poin yg ke 3 benar2 ngaruh sob..

  2. kompas says:

    sanngat membingungkan y sob alexa rank , kunjungan jadi sepi alexa menurun padahal aku rajin cari backlink .jadi cape dech klw alexa rank g naik2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Click to Insert Smiley

LOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurse