Hati-hati Berbisnis Adsense

2 bulan terakhir ini saya kebingungan sekali  Confused . Penghasilan online yang saya dapatkan tiba-tiba menurun drastis, bukan hanya turun tapi jatuh, sampai sekarang pun masi belum pulih seperti semula. Karena itu posting kali ini hanya sekedar sharing sekaligus mengingatkan para pembaca setia blog ini agar berhati-hati.

Seperti yang anda telah ketahui, dari sekian banyak jenis bisnis online, saya telah memilih menekuni bisnis Adsense dari sejak awal tahun 2012 ini. Hasil dari perjuangan saya baru kerasa setelah 4 bulan, yaitu pada bulan april. Namun sayangnya itu tidak bertahan lama. Jika anda pemain bisnis online, anda pasti tahu bahwa beberapa waktu yang lalu google mengupdate algoritmanya dengan Panda dan Penguin secara berurutan. Algoritma Google yang baru itu menghancurkan banyak website yang telah saya buat, yang saya tahu juga banyak menghancurkan website rekan-rekan sesama pebisnis online. Dalam arti posisi website-website tersebut yang dahulunya di halaman 1, sekarang hilang entah kemana. Karena itulah saya terpaksa membuang beberapa website, sementara ada beberapa website yang masih saya pertahankan, salah satunya adalah website ini.

Karena serangan google panda dan penguin itulah, maka website ini yang dulunya di belajarsendiri.com terpaksa saya pindahkan ke domain baru cara-membuatwebsite.com. Seakan mulai dari bawah demikianlah website ini. Dulunya website ini sudah ramai pengunjung, namun saat ini posisinya di search engine masi diperjuangkan. Mohon doanya teman-teman dan juga dukungannya untuk memberikan backlink ke website ini, terutama bagi yang dulu pernah memberikan backlink ke belajarsendiri.com karena merasa website ini sangat berguna.

Ada apa dengan ADSENSE ??? Smart Price?

Selain karena amukan Google Panda dan Penguin, hal lain yang membuat penghasilan onlineku terjun bebas adalah kebijakan smart price Adsense. Iya, setelah google panda dan penguin menghancurkan banyak websiteku, beberapa website yang selamat dari amukan, ternyata dapat serangan gelombang kedua dari google yaitu SMART PRICE. Jika sebelumnya pendapatan per klik website utamaku berkisar di $0.9 ke atas, secara tiba2 sekarang nilai perkliknya hanya berkisar $0.1-0.2, dan ini berlangsung sampai sekarang (hampir 2 bulan).

Apakah anda berbisnis Adsense? BERHATI-HATILAH

Cara Kerja ADSENSE / ADWORDS

Seperti yang kita tahu Google Adsense / Google Adwords adalah program PPC (Pay Per Click), yang berarti setiap pengiklan membayar kepada Google untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung website publisher seperti saya. Dari uang yang dibayarkan advertiser itu, kita sebagai Publisher mendapatkan sebagian yaitu 68% untuk Adsense for Content. Kira-kira seperti itulah cara kerja Adsense / Adwords.

Bagaimana jika saya atau pengunjung website saya dengan tangan yang nakal mengklik iklan adsense berkali-kali. Berapa banyak uang yang harus dibayarkan oleh Advertiser kepada Google? Tentunya banyak sekali bukan.

Bagaimanapun juga  pengiklan / advertiser di google adsense atau adwords adalah pebisnis juga. Mereka beriklan di google adsense /adwords, dengan harapan bahwa pengunjung yang mengklik iklan mereka pada akhirnya akan membeli produk dan jasa yang mereka tawarkan. Bagaimana jika mereka yang mengklik iklan adalah mereka yang main-main dan tidak benar-benar tertarik dengan produk dan jasa yang mereka tawarkan? Tentu saja mereka tidak untung, bahkan bisa rugi, karena dana yang mereka keluarkan untuk beriklan lebih banyak dari hasil penjualan mereka.

Apa itu Smart Price Adsense ?

Singkatnya, Smart Price Adsense adalah cara Google melindungi pengiklan (Advertiser). Pada penjelasan di atas sudah dijelaskan bagaimana kita dapat dengan mudah membuat Advertiser rugi. Bagaimana jika benar banyak para advertiser rugi, tentu saja semua orang tidak mau lagi beriklan di google adsense /adwords kan. Karena itulah google menerapkan algoritma-algoritma untuk mendeteksi kecurangan-kecurangan yang mungkin dilakukan oleh publisher serta kebijakan-kebijakan agar advertiser tidak dirugikan. Salah satu dari kebijakan-kebijakan yang diterapkan google adalah Smart Price.

Cara Kerja Smart Price Adsense

Smart Price Adsense ditujukan untuk melindungi advertiser dengan cara mengurangi biaya perklik yang harus dibayarkan kepada google, jika klik itu datang dari website-website yang dianggap google mendatangkan traffik atau pengunjung yang tidak berkualitas. Dalam kasus yang saya alami, mungkin Advertiser harus membayar $1, 3 – $1.4 perklik dari website saya, namun karena website saya dianggap tidak mendatangkan pengunjung yang berkualitas maka advertiser cukup membayar kurang lebih $0.3.

Bagaimana cara Google Adsense menilai Website Adsense yang berkualitas / tidak?

Ada baiknya kita bayangkan dulu bagaimana pengertian pengunjung yang berkualitas menurut Adsense. Menurut saya ini lah kriterianya:

  • Pengunjung yang mengklik iklan karena tertarik dengan isi iklan
  • Pengunjung yang memang berniat membeli sesuatu karena itu dia browsing dan masuk ke website anda
Dengan melihat 2 kriteria itu, sangat jelaslah kalau website Adsense yang sering dapat invalid click iklan bukanlah website Adsense yang berkualitas. Maksudnya invalid click iklan adalah pengunjung mengklik iklan adsense namun belum sampai 5 detik sudah meninggalkan website advertiser. Ini berarti bahwa mereka tidak sengaja mengklik iklan tersebut.
Tentu saja tidaklah harus semua pengunjung iklan adsense membeli produk dan jasa yang ditawarkan, pastilah ada konversi ratio normalnya. Misalkan dari 10 klik iklan adsense paling tidak ada 1 pembeli produknya. Ini hanya contoh, berapa konversi rasio tepatnya baru sebuah website dinamakan tidak berkualitas hanya google yang tahu. Yang saya tahu, Google punya program Adwords Conversion Tracker dimana advertiser dapat berkerjasama dengan google, untuk melacak rasio konversi mereka. Kemungkinan besar mereka membandingkan rasio konversi dari iklan adsense yang dipasang di halaman google search dengan rasio konversi dari website kita, untuk melihat apakah website kita masih memiliki konversi normal atau tidak. Jika rasio konversi kita tidak normal, maka terjadilah Smart Price Adsense.

Berhati-hatilah karena yang terkena Smart Price Adsense bukanlah websitenya saja, tapi account adsense yang anda punyai. Dalam arti, 1 site buruk akan membuat seluruh penghasilan adsense anda anjlok.


Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Click to Insert Smiley

LOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurse