Non WWW berbeda dengan WWW. Topik ini Penting!!!

Mengapa topik ini penting?

Sekarang coba masukkan bankmandiri.co.id kedalam browser anda. Anda akan mendapati bahwa browser anda tidak dapat menemukan server bankmandiri.co.id. Sekarang coba masukkan www.bankmandiri.co.id, browser anda akan sampai pada website Bank Mandiri. Coba bayangkan jika ada yang memberi backlink pada bankmandiri.co.id. Apa yang terjadi?  link tersebut tidak akan diperhitungkan oleh search engine manapun termasuk Google. Padahal backlink tersebut merupakan tolak ukur naiknya Page Rank suatu Website.

[ad#Adsensecamp]

Apa yang hendak saya katakan? Ternyata website dengan awalan www, berbeda dengan non-www.  Google maupun search engine yang lain selalu menganggap 2 website tersebut berbeda. Hal ini baru saya sadari ketika saya membuka account saya di Google webmaster tool.

Pagi ini ketika saya membuka account saya di Google webmaster tool saya mendapati bahwa backlink ke website saya hanya ada 7. Saya heran, padahal seharusnya ada 1000an lebih. Setelah saya telusuri lebih lanjut, ternyata penyebabnya adalah Google mendapati kalau cara-membuatwebsite.com dengan www.cara-membuatwebsite.com adalah 2 website yang berbeda. Karena yang saya daftarkan di Google webmaster tool adalah www.cara-membuatwebsite.com maka backlink yang terbaca hanya backlink www.cara-membuatwebsite.com.

Jika anda mendapati hal yang sama dengan saya, yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan kedua-duanya. Daftarkan www.domainanda.com dan domainanda.com. Setelah saya lakukan hal ini maka backlink saya di cara-membuatwebsite.com terbaca 1000 lebih.

Yang pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek seperti contoh Bank Mandiri di atas. Apakah website anda dapat dibuka baik dengan awalan www atau non-www. Jika sudah anda aman untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya jika belum anda harus setting 301 redirect di .htaccess anda sehingga website anda dapat dibuka baik dengan www atau non-www. (Tutorial setting 301 redirect akan saya buat secepatnya)

Yang kedua, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah merubah setting di site configuration anda pada Google Webmaster tool. Pilih salah satu www atau non-www, hal ini dilakukan agar anda tidak kehilangan backlink yang akan mempengaruhi page rank anda.

Terbaru saya sudah buat posting cara redirect  www menjadi non www


Tagged Page Rank, SEO, Tips-Trik. Bookmark the permalink.

4 Responses to Non WWW berbeda dengan WWW. Topik ini Penting!!!

  1. Toko Website says:

    Topik ini memang sangat penting dan kita harus menentukan yang mana, pake www atau tidak tergantung dari masing-masing individunya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Click to Insert Smiley

LOLSillyBeautyLashesCuteShyBlushKissedIn LoveDroolGiggleSnickerHeh!SmirkWiltWeepIDKStruggleSide FrownDazedHypnotizedSweatEek!Roll EyesSarcasmDisdainSmugMoney MouthFoot in MouthShut MouthQuietShameBeat UpMeanEvil GrinGrit TeethShoutPissed OffReally PissedMad RazzDrunken RazzSickYawnSleepyDanceClapJumpHandshakeHigh FiveHug LeftHug RightKiss BlowKissingByeGo AwayCall MeOn the PhoneSecretMeetingWavingStopTime OutTalk to the HandLoserLyingDOH!Fingers CrossedWaitingSuspenseTremblePrayWorshipStarvingEatVictoryCurse